Pulau Panjang Jepara

Di Jepara itu wisata baharinya lumayan terkenal. Yang paling terkenal itu ya pulau Karimun Jawa. Tapi ada 1 pulau lagi yang biasa dikunjungin wisatawan ke Jepara. Yaitu Pulau Panjang.

Si Pak Suami di Gerbang Masuk Pulau Panjang

Pulau Panjang memiliki luas 19 hektar. Untuk menuju ke Pulau Panjang, bisa melalui Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan Jepara Ocean Park.

Saat kesana, akuย  naik kapal dari dermaga yang ada di Pantai Bandengan. Karena kebetulan Pantai Bandengan itu sendiri view nya bagus ketimbang Pantai Kartini. JAdi sebelum nyebrang, bisa santai2 dulu di Pantai Bandengan.

Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 saat memasuki kawasan Pantai Bandengan.

Disana ada dermaga dan ada bapak-bapak paruh baya yang ngomong di mic untuk mengiklankan wisata ke Pulau Panjang. Biayanya Rp. 15.000/orang pulang-pergi. Lama di pulau panjang 30 menit kemudian kembali lagi ke Pantai Bandengan. Tapi waktu itu si bapak itu malah kasih saran, “Gak apa-apa kalau lebih dari 30 menit, nanti bisa ikut kapal yang beda, asal kapal yang tulisannya Wisata Bahari yang ada strip warna kuning yaa.. kalau yang putih itu ke Pantai Kartini.”

wp-image-1501633485jpg.jpeg
Foto Kakak dan Keponakan di Dermaga Pantai Kartini

Untuk sewa 1 kapal biayanya Rp. 300.000. Tadinya aku dan keluarga mau sewa 1 kapal gara-gara agak lama berangkatnya karena harus nunggu 20 Penumpang. Sedangkan saat itu hanya ada 14 penumpang. Tapi aku dan keluarga berubah pikiran, karena nelayan menawarkan harga Rp. 20.000/orang jika hanya 14 orang. Waktu yang ditempuh sekitar 15-20 menit.

img_20161210_160142
Bunda dan Ponakan di Kapal “Wisata Bahari”

Setibanya di pulau panjang, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000/orang.

 

Saat saya kesana itu kebetulan cuaca cerah jadi air laut sangat biru di dukung pasir pantai yang putih. Indahnyaaaa..

Di Pulau Panjang ada penyewaan sepeda untuk mengelilingi pulau. Tarifnya Rp. 30.000 sepuasnya. Aku dan coba untuk sewa sepeda untuk berkeliling. Ternyata di dalam Panjang ada sebuah makam seorang tokoh agama. Selain itu ada menara mercusuar. Sayang gak bisa masuk ke menara ๐Ÿ˜ฆ

img_20161016_104051

Ternyata di dalam pulau ada gubuk-gubuk kecil. Sepertinya rumah nelayan. Dan ada juga pasangan yg sedang asik berduaan di tengah semak (ini ganggu banget). Ada juga seorang petapa disana.

Pengunjung juga di manjakan oleh spot-spot yang bisa digunakan untuk foto ada area Taman Kecil Pulau Panjang. Cukup membayar “seikhlasnya” yang dimasukkan pada sebuah kotak yang ada di sekitaran spot foto. Ada hammock, ada ranting kayu, ada ayunan dan lain-lain.

 

Disini juga banyak orang yang camping. Tapi untuk informasi tersebut, aku gak bisa kasih informasinya. Soalnya gak nanya-nanya sih. Hehehe…

Oiya disini juga bisa snorkling, jadi ada pengelolanya gitu. Nah pengelolanya ini yang taro kotak “seikhlasnya” itu di area foto. Namanya Gans Adventure (ig @gansadventure).

Nah, kalo ke Jepara jangan lupa mampir ya ke Pulau Panjang. Semoga aku bisa ke spot-spot lain di Jepara yang bagus dan bisa aku share disini.

Terima kasih udah baca… semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s